Diklat ISMUBA, Menguatkan Kualitas Pelajaran Agama Di Sekolah-sekolah Muhammadiyah


Dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan holistik di sekolah Muhammadiyah se-Kalimantan Timur. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab disingkat Diklat ISMUBA.

Bertempat di kompleks Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Timur, jalan Sungai Keledang Samarinda Seberang, kota Samarinda. Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 3 hari, sejak Kamis hingga Sabtu (25-27/7).

Diikuti oleh peserta dari 9 Kabupaten dan Kota yang terdiri dari guru tingkat Sekolah Dasar 32 peserta, tingkat Sekolah Menengah Atas 19 peserta, Sekolah Menengah Atas 6 Peserta dan tingkat Sekolah Kejuruan 15 peserta.


Asnan Abbas, S.Ag., M.Ag., dari Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim mengatakan dalam sambutannya: "Dengan adanya agenda ini kita mencoba membentuk pola pembelajaran yang efektif, terarah dalam proses mentransfer pelajaran kepada anak didik kita".

Beliau juga berharap ketika peserta kembali kedaerahnya masing-masing, agar segera menyelenggarakan pelatihan yang sama, agar kualitas pelajaran agama islam merata disetiap daerah "Harapan kita agar bapak ibu mengikuti dengan cermat dan seksama, sesuai dengan jadwal acara agar dapat memahami kurikulum ISMUBA dan dapat menularkan ke daerah masing-masing".

Disela-sela sambutannya, ia juga memaparkan rencana memasukkan pelajaran ISMUBA kedalam soal Ujian Nasional "Ada wacana akan di UN kan pelajaran ISMUBA ini, dan soal-soalnya dibuat oleh Pimpinan Pusat Dikdasmen".

Sedangkan Drs. Abdul Hadi, M.Si. dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim dalam sambutannya mengatakan, "ISMUBA adalah ruh pendidikan Muhammadiyah. Holistik yang terintegrasi dan menyeluruh, agar menghasilkan didikan yang cerdas, berkarakter, berakhlakul karimah, dan berjiwa kepeloporan".


ISMUBA adalah kurikulum tambahan yang hanya diterapkan disekolah-sekolah Muhammadiyah saja, disemua jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah maupun didalam Pondok Pesantren.

Kurikulum ISMUBA terdiri dari mata pelajaran Aqidah, Fiqih, Tarikh, Ke-Muhammadiyah-an, Bahasa Arab, Al-Qur'an dan Al-Hadits. (SS)
iklan banner