Cara Jitu Menjadi Guru Idola Siswa


Setiap murid memiliki guru yang diidolakannya berdasarkan mata pelajaran kesukaannya. Guru olah raga ataupun guru kesenian biasanya disenangi oleh murid-murid karena mata pelajarannya yang santai dan menarik. Walaupun begitu sudah saatnya semua guru dapat diidolakan oleh muridnya karena beberapa faktor sebagai berikut.

1. Memiliki “Sense of Humor”
(Sumber: www.goodcall.com )
Guru yang memiliki selera humor tentunya akan diidolakan oleh muridnya, mereka bisa membawa suasana hati murid menjadi lebih menyenangkan. Humor yang diciptakan oleh guru akan membuat suasana belajar yang tadinya tegang menjadi rileks, sehingga keakraban antara murid dan guru dapat tercipta.

2. Kreatif dan Inovatif
(Sumber: www.realestateintally.blogspot.com )
Guru saat ini diharapkan dapat berkreasi dalam menciptakan inovasi di dunia mengajar. Guru bisa memberikan pembelajaran melalui praktikum ataupun studi lapangan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar murid dengan kegiatan yang menarik. Sudah saatnya guru mencari informasi ataupun melakukan pelatihan dalam meningkatkan kualitas mengajar di sekolah.

3. Peduli kepada Murid
(Sumber: www.ymcagbw.org )
Guru merupakan orang tua kedua bagi murid di sekolah, setelah orang tua mereka. Sehingga guru dituntut bukan hanya memberikan pembelajaran kepada murid tetapi juga mendidik mereka. Guru merupakan satu-satunya sosok yang akan didatangi oleh murid jika ia sedang mengalami masalah seputar dunia belajar. Kepedulian guru akan hal tersebut tentunya akan membuat murid semakin mengidolakan guru dan menjadikannya sebagai suri tauladan.

4. Mendengarkan Pendapat Murid
(Sumber: groningen.d66.nl )
Murid lebih senang jika guru dapat mendengarkan pendapat yang disampaikan oleh murid. Semakin sering pendapat murid didengarkan, murid akan merasa dihargai dalam proses belajar di sekolah. Tetapi dengan catatan adalah pendapat tersebut harus sesuai dengan konteks belajar mengajar.

5. Tidak Gaptek
(Sumber: www.teachhub.com )
Saat ini sudah bukan jamannya lagi guru di sekolah gagap teknologi, guru kali ini dituntut untuk update akan teknologi masa kini agar proses mengajar di sekolah lebih menarik. Melalui teknologi guru dapat memberikan video-video pembelajaran yang lebih nyata kepada murid. Hal ini tentunya akan mempermudah guru dalam memberikan contoh yang nyata kepada murid di sekolah. (EM)
iklan banner