Muhammadiyah Balikpapan Terjunkan Bantuan Dana dan Relawan ke Lombok Utara



Khazanahonline.com - Selain dalam bentuk dana dengan total hampir mencapai 100 juta rupiah, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Balikpapan menerjunkan 7 personilnya bergabung dalam tim MDMC Wilayah Kaltim "Sekitar 16 personil kami berangkat dengan latar belakang kesehatan, psikososial dan tenaga serbaguna" ujar ketua Pemuda Muhammadiyah Kaltim Machnun Uzni dalam press release yang kami terima (11/9).

Kordinator lapangan Lukman Hakim menuturkan disiaran langsung Khazanah (15/9) "relawan Muhammadiyah akan membantu dalam beberapa gelombang, dan diperkirakan akan tetap berada disini sampai 3 bulan". Ia pun berharap kepada relawan-relawan lain agar ikut membantu, dan mempersiapkan diri untuk terjun ke Lombok ditim selanjutnya "kondisinya cukup parah, dengan berbagai masalah yang ada, jadi kepada relawan Muhammadiyah agar segera menyiapkan diri untuk pemberangkatan kedua".

Dengan kejadian bencana alam gempa bumi yang mengguncang Lombok  beberapa waktu lalu banyak rumah warga roboh yang mengakibatkan ribuan warga mengungsi di tenda pengungsian. Sarana Sekolah Darurat, PAUD dan MCK menjadi kebutuhan penting bagi warga. Dibangunnya sarana tersebut agar warga merasa terbantu dan tidak perlu ke persawahan khususnya untuk kebutuhan  MCK.

"Kami sangat senang disini dibangun MCK, kami terbantu karena tidak perlu repot-repot ke sawah lagi apalagi  kalau malam hari," ujar Madiun Irawan selaku Kepala Dusun Lading lading Penimbangan

Pembangunan MCK dilakukan  dengan membuat galian dan beberapa sekat. Pengadaan ini bertujuan  agar warga terdampak, bisa lebih sehat dan aman dengan adanya fasilitas "kami harap dengan adanya MCK warga menjadi lebih sehat dan aman" terang Didik anggota MDMC Jepara.

MDMC bekerjasama dengan LAZISMU Berupaya membantu pemulihan dan menghimpun donasi yang akan disalurkan kepada pengungsi gempa Lombok. Donasi akan digunakan untuk pembangunan sarana prioritas warga dan kegiatan pemulihan lainnya seperti obat-obatan, kegiatan bagi anak-anak pengungsi dan lainnya. (Mdy, Khz, IG)
iklan banner