Viral, Konsep Pemakaman Organik: Jenazah Jadi Pohon

Konsep Kapsul Pemakaman. Foto: Twitter @capsula_mundi
Khazanah online.com - Sebuah video yang menggambarkan konsep kuburan organik sedang viral di media sosial. Video tersebut memperkenalkan konsep "peti mati" penguburan organik yang ramah lingkungan untuk mengubah kuburan batu nisan menjadi sebuah inovasi yang unik. Hal itu dilakukan oleh Capsula Mundi, sebuah perusahaan asal Italia.
Idenya adalah menempatkan tubuh pada posisi seperti bayi yang berada di dalam janin di dalam kapsul pemakaman biodegradable. Kapsul tersebut kemudian ditanam di tanah dengan biji atau pohon.
Video tersebut diunggah melali media sosial Facebook dengan dengan judul "Be Inspired Aspire", video tersebut sudah ditonton lebih dari 3,1 juta kali.
Benih ditempatkan dalam guci yang menyimpan abu di bawah dengan campuran tanah. Dalam guci Bios--sebutan gucinya--benih yang tertanam mengambil makanan dari abu ketika tumbuh menjadi pohon.
Dalam media sosial Twitter Capsula Mundi mengunggah sebuah gambar pohon yang dipeluk oleh seseorang dan ditambahkan dengan sedikit komentar. "Nenekku pohon oak. Dia memilih melakukan ini karena dia lebih suka pohon ketimbang batu nisan. Dan ketika aku mengunjungi hutan, aku merasa nenek masih bersamaku," tulis akun @capsula_mundi yang disertai tagar #lifeneverstops #greenburial #trees.


"My grandma is an oak tree. She chose to do this because she preferred a tree to a tombstone. And when I visit the wood, I feel grandma is still with me." the Capsula Mundi https://bit.ly/2vnIPRO 
Capsula Mundi mengklaim, jika ide ini dipraktekkan, maka orang-orang akan mengunjungi hutan sebagai kuburan untuk mengingat orang yang mereka cintai. (Tmp)
iklan banner