Tips Memilih Baterai HP Yang Tidak Merusak


Khazahonline.com - Ada banyak review tentang baterai ponsel di internet, salah satu weblog melengkapi reviewnya dengan tes kapasitas sebenar atau real capacity dari beberapa brand terlaris. Tetapi apakah cukup menjamin keamanan ponsel? Keamanan data? dan Keamanan dari ledakan?

Beberapa merk baterai menampilkan kapasitas dua kali lipat daripada baterai bawaan kardus ponsel baru. Jika baterai original pack sebesar 2000mAh, beberapa merk sengaja menulis dilabel baterai berkapasitas 4000mAh. Namun setelah dilakukan pengujian dengan alat tes kapasitas baterai, ternyata kapasitas aslinya justru dibawah 2000mAh. Hal ini tentu merugikan pengguna.

Selain kapasitas, ada beberapa hal yang selalu diabaikan pengguna seperti kualitas baterai. Kualitas komponen yang buruk dapat mengakibatkan kerusakan charger dan ponsel itu sendiri. Bahkan diberbagai negara, baterai ponsel yang tidak memenuhi standar justru bisa mengakibatkan ledakan hebat hingga menewaskan pemiliknya.

Pada tulisan kali ini kami mengumpulkan tips-tips terbaik memilih baterai ponsel yang aman dan tidak mengecewakan. Jngan lupa membagikan tulisan ini melalui tombol medsos dibagian bawah.

JANGAN TERTIPU DENGAN REAL CAPACITY
Kapasitas sebenar tidak menjamin ponsel anda aman dari ledakan, beberapa merk seperti IDOL yang memberikan janji kapasitas sebenar tetapi memiliki kualitas control IC yang buruk, kualitas pabrikasi yang jelek justru dapat merusak komponen ponsel anda. Setidaknya dua kali penulis mencoba baterai buatan merk tersebut, dan hasilnya sangat mengecewakan karena tidak bisa melakukan pengecasan secara normal. Tekhnisi yang kami hubungi menyarankan agar baterai dicas dengan perangkat charger desktop selama 6 jam, cara ini justru memberikan kesan betapa kualitas pabrikasi baterai tidak memenuhi standar dan bermasalah.

BATERAI MURAH BELUM TENTU BURUK
Baterai bermerk Rakkipanda menjual produknya dengan harga yang cukup terjangkau, kualitas komponennya pun cukup baik dan berfungsi normal setidaknya 1 tahun. Walaupun dibeberapa tes kapasitas baterai Rakkipanda terbukti tidak sama dengan label yang tertera, namun baterai inj memiliki kestabilan yang cukup aman bagi ponsel cerdas. Dari beberapa review pembeli ditoko online, baterai Rakkipanda mendapat ratting kepuasan pengguna tertinggi dibanding produk lain.

GANTI PONSEL DARIPADA GANTI BATERAI
Beberapa pabrik ponsel menjual produknya dengan harga yang cukup bersaing, sehingga memanjakan dan menguntungkan pengguna. Belum lagi metode pembayaran cicilan yang sedikit-banyak mengurangi beban finansial pengguna. Mengganti ponsel dengan produk baru dianggap pilihan paling tepat jika usia ponsel anda sudah berumur 2 tahun. Cara ini juga menjamin data-data pribadi anda dapat diamankan ke perangkat yang lebih berkualitas, setidaknya selama 2 tahun kedepan, atau ketika para pabrikan ponsel menemukan metode paling aman atau sebuah teknologi baru yang dapat menggantikan fungsi baterai konvensional. (SS)
iklan banner