Sepi Pendaftar Caleg , KPU Beri “Warning” , Bahkan Ancaman Diskualifikasi


Sejak pembukaan tahapan pendaftaran Calon Legislatif ( Caleg ) di Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Nunukan pada 04 Juli lalu , hingga pekan ini kantor yang beralamat di Jalan Inhutani , Nunukan Utara itu masih tampak sepi pendaftar.

Ketua KPU Nunukan, Hj . Dewi Sari Bakhtiar menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada parpol yang mendaftar.” Hasilnya masih nihil , ” tegasnya saat ditemui diruang kerjanya , Selasa ( 10/ 07).

Dewi- sapaan akrabnya mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah berulang kali melakukan komunikasi terhadap sejumlah Partai Politik ( Parpol ), hanya saja komunikasi dimaksud sebatas konsultasi terkait pemberkasan administrasi.

“sering ada pihak Parpol yang datang untuk konsultasi berkas pendaftaran caleg, ” ungkapnya.

Hal tersebut dilakukan sejumlah Parpol guna meminimalisir kesalahan berkas . Selain itu, untuk menghindari keterlambatan pendaftaran caleg .

Dirinya menegaskan bahwa KPU tidak akan memberi kebijakan kepada Parpol yang tidak tepat waktu dalam mendaftarkan Caleg - nya dalam Pileg 2019 mendatang.

Bahkan dengan nada tegas, Dewi mengungkapkan KPU bisa melakukan diskualifikasi terhadap Parpol yang tidak memenuhi kebutuhan setiap wilayah pemilihan. Kendati begitu , kebijakan tersebut tentu tetap berpatokan pada KPU Pusat .

“Kecuali ada surat edaran dari KPU RI terkait perpanjangan pendaftaran . Sementara untuk para Caleg yang telah mendaftar, namun ada kesalahan berkas , maka akan ada perbaikan pada 08 hingga 12 Agustus 2018 mendatang, ” ucap wanita berhijab tersebut .

Sementara itu, saat ditanya terkait minimnya Parpol yang melaksanakan pendaftaran , dirinya mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab keterlambatan dimaksud.

” Mungkin lebih kepada pengurusan partai , terkait pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan terutama wilayah dapil III serta pemenuhan berkas seperti SKCK dan surat keterangan dari pengadilan , ” ungkapnya .

Lebih lanjut dirinya menuturkan bahwa sudah ada beberapa partai yang akan mendaftarkan calegnya dalam waktu dekat diantaranya, Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Selasa , ( 17/ 7 ) dan Partai Demokrat Sabtu , ( 14/ 7 ) mendatang.

“Kalau untuk partai lain , belum ada jadwal pasti yang diserahkan ke kami ( KPU, Red .) , ” ujarnya lagi .

Jika mengacu Pemilu sebelumnya , pengumpulan berkas perorangan kerap menjadi kendala, sehingga menjelang penutupan pendaftaran calon , Kantor KPU masih ramai dikunjungi. “Pemilu sebelumnya bahkan ada yang datang mendaftar hingga jam 12 malam, ” tandasnya. (SS)

Perspectivee


iklan banner