Pengajian Guru-guru Sekolah Muhammadiyah Balikpapan: Badai Itu Ada Dimana-mana

Khazanah Online.com - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Balikpapan melalui Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah menggelar pengajian keenam khusus bagi para Guru dan Karyawan yang bekerja disekolah Muhammadiyah.

Sebagai pembawa materi, hadir dari Bendahara PDM Balikpapan Arif Suprapto, dengan tema "Guru Sebagai Pejuang Tanpa Tanda Jasa".

"Yang namanya badai itu pasti ada dimana-mana, ia diciptakan oleh Allah SWT, dan jalan keluarnya adalah hanya dengan berjalan terus" ungkap beliau ketika menyimpulkan masalah yang akan dihadapi para Guru dan Karyawan Muhammadiyah.

Beliau juga menjelaskan, untuk menghadapi masalah dengan baik, harus dengan komunikasi yang baik "harus menjalin komunikasi, yang akan menjamin silaturahmi itu tetap intensif dan tali persaudaraan akan berkembang" ujarnya.
FORUM GURU MUHAMMADIYAH BALIKPAPAN
Guru Muhammadiyah Balikpapan yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA/SMK Muhammadiyah beserta karyawannya  terwadahi dalam sebuah wadah yang disebut dengan Forum Guru Muhammadiyah (FGM). Eksistensi FGM pada Sabtu (29/7) telah dibentuk keberadaannya. FGM  sebagai wadah yang  mewadai guru dan karyawan Muhammadiyah yang berkemajuan. Di dalam formasi kepengurusannya akan  mengelola advokasi, pelatihan, litbang, dan kewiraswastaan guru dan karyawan.

Kegiatan FGM ini merupakan langkah untuk membentuk karakter guru Muhammadiyah agar bisa lebih profesional. Selain itu, juga untuk menunjukkan kepada warga Muhammadiyah bahwa Sekolah Muhammadiyah Balikpapan sudah memiliki FGM. Pasalnya FGM ini sudah terbentuk baik ditingkat pusat, wilayah dan yang terakhir di tingkat daerah.

“Semua yang tergabung dalam FGM ini tidak hanya guru melainkan juga karyawan pendidik. Beberapa lembaga kegiatan kedepan akan diikut sertakan dalam FGM ini, diantaranya lembaga advokasi, pelatihan penelitian dan pengembangan, serta lembaga kewirausahaan. Sehingga dengan begitu seluruh guru dan karyawan sekolah muhammadiyah balikpapan bisa menyalurkan aspirasi mereka pada forum ini untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan berkemajuan." Ujar Ketua Majelis Pendidikan Dasar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Balikpapan, Wahid Muslich.
Untuk saat ini, berdasarkan data dari Muhammadiyah Balikpapan, jumlah Guru yang aktif mengajar di sekolah-sekolah Muhammadiyah Balikpapan sebanyak 190 guru dan 1764 siswa.

“Dari FGM ini kami mengharapkan bisa membuat sekolah yang kita kelola meningkat kemandiriannya dan menjadi sekolah unggulan di Balikpapan." Pungkas Wahid Muslich. (SS/SA)
iklan banner