Ini Kriteria Karyawan Idaman Versi Bos Alibaba Jack Ma


Khazanahonline.com - Pernyataan pendiri Alibaba Jack Ma belum lama ini soal karyawan dengan strata pendidikan tinggi cukup menjadi sorotan publik.

Bagaimana tidak, orang nomor satu di Alibaba tersebut mengungkap tidak ingin merekrut karyawan dengan strata pendidikan tinggi.

Menurut Jack Ma, orang yang memiliki pendidikan tinggi seperti MBA (Master of Business Administration), ternyata belum tentu bisa dinilai baik dalam bekerja.

“Saya sama sekali tak tertarik kepada kandidat karyawan Alibaba yang memiliki gelar bisnis. Belajar ilmu bisnis itu tidak penting karena kebanyakan orang yang memiliki gelar MBA (Master of Business Administration) itu tidak berguna," ujarJack Ma dalam buku Alibaba: The House that Jack Ma Built karangan Duncan Clark.

"Saat mereka lulus, pasti mereka lupa apa yang telah dipelajari, di situ mereka bisa berguna kalau belajar dari pengalaman lagi,” lanjutnya.

Lantas, seperti apa kriteria karyawan idaman yang diinginkan Jack Ma? Menurut informasi yang dilansir Next Shark, Senin (30/7/2018), Jack Ma ternyata lebih tertarik kepada orang yang punya karakteristik kebijaksanaan dan etika kerja yang kuat.

 “Ketika mereka sekolah, mereka cuma diajarkan ilmu pengetahuan, itu saja. Sementara kalau ingin menjalakan bisnis, sangat diperlukan kebijaksanaan, itu bisa didapatkan lewat pengalaman. Ilmu pengetahuan bisa diperoleh lewat kerja keras,” ujar Jack Ma.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala HRD Alibaba Lucy Peng. Ia berkata, perusahaan memang sempat berfokus mencari kandidat karyawan dengan latar belakang pendidikan tinggi.

“Saya malah melihat orang dengan berprestasi tinggi akan merasa lebih cepat frustrasi dengan budaya kerja di Alibaba,” kata Peng.

Karenanya, perusahaan langsung mengubah kriteria dengan mencari kandidat karyawan yang punya track record kesehatan yang baik, hati yang bersih, serta pikiran yang jernih. (SS)

Liputan6

iklan banner