Amien Rais Tuding KPK Tumpul Keatas Tajam Kebawah


Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyoroti operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK. Amien menganggap OTT hanya sebagai penghibur agar kasus-kasus besar lainnya terlupakan.

“(KPK) itu adalah menenggelamkan, menghilangkan, menyembunyikan kasus yang gede, ditutup dengan kasus yang kecil-kecil supaya kita lupa. Kenapa kasus Bank Century, BLBI tidak pernah diungkapkan dan lain-lain, untuk menghibur kita ada OTT-OTT,” kata Amien saat memberikan tausiah di Masjid Al Furqan, Jakarta, Sabtu, (14/7).

Amien mengungkapkan bahwa hukum di Indonesia hanya tajam ke bawah. Menurut Amien, kasus besar tidak diungkap, tetapi kasus kecil diganjar hukuman penjara.

“Hukum itu tumpul ke atas tapi tajam dan menukik ke bawah, itu kita tidak menyadari. Contohnya seorang nenek mencuri dua biji semangka diganjar 3 bulan penjara, sementara kasus kita yang triliunan rupiah dilepas. Hukum tidak tersaji sama sekali pada kasus BLBI, pertambangan,” ujar Amien.

Lebih lanjut Amien menyebut para koruptor di kasus-kasus besar tidak ditindak tegas juga merupakan wujud demokrasi di Indonesia tidak berjalan dengan baik. Amien menganggap demokrasi di Indonesia diskriminasi di segala bidang.

“Jadi demokrasi sekarang itu diskriminasi hampir di segala bidang. Kita saksikan diskriminasi itu ada di hampir semua bidang nasional, terutama diskriminasi hukum nampak begitu berat,” terang Amien.

Untuk itu Amien menegaskan diperlukan sosok presiden baru yang bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Indonesia. “Ini harus kita ada (selesaikan masalah) setelah presiden ini menyelesaikan tugasnya,” tutur Amien. (SS)

Kumparan

iklan banner