Ada Menteri Termuda di Malaysia, Usianya Baru 25 Tahun


Syed Saddiq Abdul Rahman menjadi menteri termuda Malaysia setelah dia dilantik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada Senin (2/7/2018).

Syed Saddiq yang baru berusia 25 tahun merupakan salah satu dari 13 menteri dan 23 wakil menteri yang diambil sumpahnya di hadapan raja Malaysia, Sultan Muhammad V, di istana kerajaan.

Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak juga berusia 25 tahun ketika diangkat sebagai Wakil Menteri Energi, Telekomunikasi, dan Pos pada 1978.

Pendahulunya Syed Saddiq, Khairy Jamaluddin, adalah menteri termuda negara itu pada 2013 ketika ia diangkat sebagai menteri pada usia 37 tahun.

Khairy di Twitter mengucapkan selamat kepada Syed Saddiq, dan mengatakan bahwa dia berharap Syed Saddiq akan bisa membawa kesuksesan yang lebih besar kepada kementerian.

Syed Saddiq, yang berusia 26 tahun pada bulan Desember, mengatakan bahwa pengangkatannya merupakan pengakuan penting oleh Pakatan Harapan tentang pandangan dan suara pemuda Malaysia.

“Kami berharap melalui penunjukan ini, akan membuka lebih banyak kesempatan bagi kaum muda untuk tampil di masa depan. Kaum muda bukan hanya pemimpin untuk masa depan, tetapi juga hari ini,” katanya kepada wartawan setelah upacara pelantikan, sebagaimana dilansir
Channel News Asia.

Dia menambahkan bahwa hal utama yang ingin dia lakukan sebagai menteri adalah membawa perubahan sikap dan budaya di kalangan pemuda.

Dalam sebuah pernyataan, Syed Saddiq juga berjanji untuk memastikan bahwa pemuda terus menjadi fokus utama agenda pembangunan negara.

“Pemerintah saat ini adalah pemerintah yang inklusif dan selalu memprioritaskan prestasi dalam ide dan kontribusi tanpa memandang usia dan latar belakang,” tandasnya. (SS)

Arrahmah

iklan banner