Keamanan Wifi Part-1: Celah Port 23


Jaringan Wireless Fidelity atau WiFi sebenarnya punya banyak celah keamanan, kami akan merangkumnya dalam beberapa tulisan. Salah satunya Port 23 modem ZTE F660 yang banyak digunakan oleh Produk Telkom Indihome.

Secara sederhana Port 23 berfungsi sebagai jalur akses Telnet untuk Remote Control, seorang user dapat mengendalikan komputer lain dari jarak jauh.

Namun dalam beberapa teknik jaringan, Port 23 dapat digunakan sebagai akses kebeberapa Modem seperti ZTE F660 yang secara default terbuka. Aplikasi ConnectBot untuk Android, ZOC untuk Windows, bahkan perintah sederhana menggunakan Command Prompt juga dapat membuka akses halaman admin milik Modem.

Aplikasi ConnectBot untuk perangkat Android setelah berhasil membuka file yang menyimpan Username dan Password modem

Secara fungsional Port 23 tidak banyak dibutuhkan apalagi bagi pengguna biasa. Tetapi jika anda seorang Admin Jaringan yang mengelola Wireless Gratis khusus untuk publik seperti Bandar Udara, Cafe, Restoran, dll, Port 23 wajib ditutup.

Kerugian Port 23 dibuka adalah para pengguna Wifi yang jahil dapat memasuki halaman administrasi modem dan melakukan beberapa seting penting didalamnya.

Untuk menutup Port 23 sangat mudah, silahkan login dahulu kedalam halaman administrasi modem ZTE F660, masukkan username dan password secara default "admin" atau "user".

Pilih menu box "Security" dan disisi kiri panel pilih menu "Service Control". Isi Parameter sebagai berikut:
- Beri tanda centang pada checkbox "Enable"
- Pilih "LAN" pada menu dropdown "Ingress" walaupun menggunakan Wireless, pilihan LAN tetap harus digunakan
- Isi kolom "Start Source IP Adress" dengan 192.168.1.2
- Isi juga kolom "End Source IP Address" dengan 192.168.1.254
- Pilih "Discard" pada menu "Mode"
- Pilihan "Service List" beri tanda centang pada checkbox "TELNET"
- Jika semua telah selesai, tekan tombol "Add"
- Tunggu beberapa detik setelah modem melakukan loading, biasanya sedikit lama, setelah selesai Port 23 berhasil ditutup.
iklan banner