Muhammadiyah Balikpapan Timur Shalat Idul Fitri di Masjid Ahmad Dahlan

BALIKPAPAN, khazanah-online.com – Ratusan warga Muhammadiyah Balikpapan Timur mendatangi halaman Masjid Ahmad Dahlan di Gang Kates Manggar Baru untuk menunaikan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriyah, Rabu (06/07/2016) pagi tadi.



Pelaksanaan shalat Idul Fitri dimulai pukul 07.15 Wita dipimpin oleh imam ustadz Muhammad Yusuf dari pondok pesantren Al Abror Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Sementara Khutbah Idul Fitri disampaikan oleh Ustadz Muhammad Huda Abdunafi, M.Ag wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Balikpapan.

Dalam khutbahnya, ustadz Huda menyampaikan puasa selama sebulan penuh yang telah kita laksanakan dengan diiringi ibadah lain seperti tarawih, infaq, zakat, shadaqah, dan lain sebagainya pada dasarnya merupakan pintu gerbang pertama dalam menapaki derajat taqwa. Dalam berpuasa, inputnya adalah landasan iman, prosesnya adalah syiam dan outputnya adalah manusia yang berhasil meraih ketaqwaan.

“Paling tidak ada tiga ciri utama yang menandakan seseorang berhasil meraih ketaqwaan. Yang pertama adalah berkhuznu dzon kepada Allah dan sesama, yang kedua berlomba-lomba dalam peningkatan amal kebajikan dan yang ketiga adalah kepedulian.” Ungkap ustadz Huda dalam khutbahnya.

Sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Balikpapan Timur, Drs. Amri menyampaikan perolehan zakat, Infaq, shadaqah dan program Ramadhan LAZISMU Kota Balikpapan. Total perolehan Rp.218.758.000, dengan rincian Zakat Fitrah Rp.96.822.000, Zakat Maal Rp.74.518.000, Infaq dan Shadaqah Rp.31.658.000, dan Program Ramadhan 1437 H Rp.15.760.000.

“Semua pemasukan Zakat Fitrah sudah disalurkan di beberapa titik melalui LAZISMU dan UPZ yang tersebar di semua cabang Muhammadiyah. Sementara Program Ramadhan telah didistribusikan selama bulan Ramadhan dalam bentuk Kado Ramadhan dan Sayang Yatim sejumlah 120 paket.” Tambahnya. (Kh/12ul)

Reporter: Sahrul
iklan banner